Sabtu, 14 Juli 2018

Ketik kata 'Taiwan', iPhone mati seketika


iOS nyatanya masih memelihara bug. Faktanya, bug di iOS 11.4 membuat iPhone mati seketika tatkala mengetik kata Taiwan atau hanya menyematkan emoji bendera Taiwan. Mengapa demikian?

Dilaporkan Tech Radar, Sabtu (14/7), seorang peneliti keamanan bernama Patrick Wardle yang menemukan bug ini, mencoba menelisik terkait mengapa hal itu terjadi.

Ternyata, masalah itu ada di iPhone yang disetel di Wilayah Tiongkok. Pengguna yang melakukan pengaturan bahasa perangkatnya ke bahasa Mandarin juga disebut terdampak bug ini.

Jadi, apakah hal ini terkait dengan hubungan kedua negara antara Tiongkok dan Taiwan? Belum diketahui pasti. Hanya saja, bila merujuk pada kondisi geopolitik saat ini, kedua negara tersebut masih bersitegang. Pemerintah Tiongkok tidak mengakui Taiwan sebagai negara mandiri.

Karena itu, sistem operasi memang disetel agar tidak menampilkan emoji bendera Taiwan. Mantan peneliti NSA menyebut itu merupakan bentuk kompromi Apple terhadap pemerintahan Tiongkok.

Seperti diketahui, Tiongkok merupakan salah satu pasar penting dari Apple. Oleh sebab itu, Apple selalu berupaya untuk mengikuti aturan yang diterapkan di negara tersebut.

Akan tetapi, Wardle belum memastikan apakah masalah matinya iPhone secara tiba-tiba di merupakan kesalahan pengkodean atau bug yang tidak disengaja. Untuk itu, dia sudah mengirimkan laporan ke Apple terkait bug ini.

0 komentar:

Posting Komentar