Selasa, 07 Agustus 2018

Bayi Anda Terserang Penyakit Kuning? Ini Cara Mengatasinya!


Setidaknya, 50% dari bayi yang dilahirkan rentan terkena penyakit kuning. Namun, dalam keadaan normal, bilirubin yang jadi penyebab penyakit kuning terjadi akan menurun seiring bertambahnya usia si kecil. Tapi bagaimana yang tidak? Nah, jika keadaannya sudah seperti ini, Anda harus cari cara mengatasinya yang tepat. Seperti apa? Cek di sini!

1. Berikan ASI Lebih Sering


Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit kuning pada bayi adalah dengan lebih sering memberinya ASI. ASI yang cukup akan membuat sistem imun si kecil lebih baik sehingga serangan bilirubin yang berasal dari sel darah merah si kecil bisa dikurangi. 

Tapi, bagaimana kalau si kecil tidak menyusu ASI? Tentu saja Anda harus menggantinya dengan susu formula terbaik. Meski susu formula tak sebaik ASI dalam pemenuhan gizi, namun juga bisa membantu menjadikan imun si kecil lebih baik. Anda bisa dapatkan berbagai susu fomula di Orami dengan harga terbaik melalui promo kemerdekaan darinya.

2. Menjemur Bayi


Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyakit kuning yang dialami si kecil adalah dengan menjemur bayi antara 30 menit sampai 1 jam setiap paginya. Ini adalah penanganan fisiologis terbaik karena matahari pagi akan memberi vitamin D yang cukup untuk si kecil guna menghilangkan penyakit kulit dari tubuhnya.

3. Terapi Sinar


Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengobati bayi yang terkena sakit kuning adalah dengan menggunakan terapi sinar. Namun, terapi sinar ini hanya bisa dilakukan oleh pihak rumah sakit dengan bantuan fototherapi. Bayi Anda nantinya akan diletakkan dalam box bayi guna penyinaran tubuhnya selama waktu yang telah ditentukan.

4. Jangan Membuat Bayi Dehidrasi


Bayi yang terkena penyakit kuning tidak boleh mengalami dehidrasi. Sebab, hal ini akan memperparah penyakitnya. Oleh sebab itu, sebaiknya terus berikan ia ASI atau susu formula selama 3 hingga 4 jam sekali. Kalau Anda ingin mendapat susu formula dengan harga terjangkau untuk si kecil, cari di  marketplace yang berikan promo kemerdekaan, ya!

5. Tindakan Medis


Jika cara di atas ternyata tetap tak mampu menyembuhkan si kecil dari penyakit kuning, Anda harus mengambil tindakan medis untuk ini. Bawalah si kecil ke rumah sakit untuk pengecekan bilirubinnya. Nantinya, dokter akan mengambil kesimpulan langkah apa yang diambil. Termasuk mungkin transfusi darah untuk si kecil.

Penyakit kuning pada bayi memang banyak dianggap sepele oleh kebanyakan masyarakat. Padahal, hal ini tak boleh diremehkan. Bayi yang terkena penyakit kuning biasanya akan lebih rentan dengan penyakit yang membahayakan. Selain itu, bayi juga bisa terkena gangguan otak. Tak mau hal ini terjadi pada buah hati, kan? Atasi dengan cepat kalau begitu!

0 komentar:

Posting Komentar