Jumat, 21 September 2018

Harga Pipa dan Cara Memasang untuk Saluran Air Panas


Ketika musim hujan tiba, pasti enak sekali kalau waktu digunakan untuk mandi air hangat. Kalau dulu, mungkin masih pakai cara menuang air panas ke wadah, lalu diisi dicampur dengan air dingin. Sekarang, sudah bisa pakai saluran air panas. Harga pipa untuk saluran air panas tersebut juga amat terjangkau. Apa kamu mau tahu cara memasangnya?

Tentukan Dulu Titik Kerannya

Hal pertama yang wajib kamu pertimbangkan itu soal letak air masuk. Apakah mau di kamar mandi bawah, atas, kamar mandi luar, dan sebagainya. Biasanya sih orang-orang menggunakan air panas itu untuk kebutuhan kamar mandi, wastafel, dan dapur. Setelah itu, baru hitung pipa instalasi air yang kamu butuhkan.

Jangan lupa pula untuk menekan biaya agar lebih murah, tentukan jalur terpendek yang memungkinkan terjadinya kontak antara mesin pemanas air dengan keran. Soalnya tenaga listrik juga berpengaruh terhadap efektivitas saluran air panas.

Model Alat Pemanas Mana yang Kamu Suka?

Khusus untuk kebutuhan wastafel dan kamar mandi, cukuplah dengan menggunakan tangki berkapasitas kurang lebih 10 liter. Biasanya, alat pemanas ini akan dipasang ke dalam air mandi. Tujuannya agar bisa menekan kebutuhan pipa. Kapasitas tangki yang lebih besar tentu membutuhkan titik keran air panas lebih banyak. Terutama kalau pilih pemanas gas.

Menentukan Material Pipa Instalasi

Perlu diingat, bahwa temperatur tinggi yang ada saluran air panas itu memiliki risiko tinggi terhadap daya tahan pipa. Oleh karena itu, jangan dulu melihat harga pipa, tetapi kualitas dan jaminan keamanannya. Bisa sih pakai pipa PVC dengan ketebalan tertentu. Bukan sekadar paralon dengan ukuran alakadarnya.

Bisa pula menggunakan pipa PPR bisa digunakan untuk saluran air panas maupun air dingin. Meski ada yang menggunakan pipa tembaga, tetapi pipa PPR yang banyak digunakan. Selain murah, ternyata pipa PPR itu sangat ramah terhadap lingkungan. Sedangkan pipa yang berbahan besi itu sangat rentan berkarat sehingga membuat air jadi kotor dan bau.

Hubungkan Pemanas dengan Instalasi Pipa

Setelah cara sebelumnya berhasil diterapkan, tinggal hubungkan antara lubang input ke pipa. Sedangkan untuk lubang output atau buangan air panas itu sebaiknya dihubungkan ke pipa instalasi air panas. Bukan pipa yang fungsinya sebagai penyuplai.

Jika kamu hendak menggunakan pipa PPR, bisa pakai pipa yang diproduksi oleh Rucika. Panjang per batangnya sama, yakni 4 meter. Harga pipa dari Rucika sangat variatif. Mulai dari 43 ribu Rupiah sampai dengan 5 juta Rupiah. Semua produk dari Rucika sudah berstandar JIS dan rata-rata disukai oleh para teknisi atau ahli di bidang plumbing.

0 komentar:

Posting Komentar