Jumat, 01 Februari 2019

Pentingnya Menjaga Kelestarian Alam Dan Keindahannya


Indonesia terkenal dengan adanya kekayaan alam yang begitu luas.  Tidak hanya budaya dan adat yang beragam, namun juga ada begitu banyak keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia yang hal ini patut untuk kita lestarikan dan kita jaga agar tidak rusak dan punah. Tentunya kita sangat mengetahui bahwa banyak sekali orang yang mengagumi adanya keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia yang hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kekayaan alam yang terbesar baik itu dari tumbuh-tumbuhan hewan serta budaya yang beragam yang pastinya hal ini membuat kita cukup bangga.
Hanya saja yang menyedihkan yaitu banyak sekali masyarakat Indonesia yang menyalahgunakan kekayaan alam yang dimiliki di negara ini dengan merusak kelestarian alam, seperti membakar hutan, penggunaan kulit hewan, serta berbagai hal lainnya yang tentunya hal ini cukup menyedihkan. Dan semua itu dilakukan demi keuntungan semata yang patut untuk kita perhatikan supaya tidak membuat alam di Indonesia rusak begitu saja.
Di Indonesia ada  banyak kita temukan macam-macam tumbuhan serta hewan-hewan langka yang tentunya hal ini penting untuk Anda ketahui. Berbicara mengenai hewan langka terdapat begitu banyak hewan langka yang bisa Anda temukan hanya di Indonesia yang diantaranya yaitu seperti berikut ini :
Komodo
Jika Anda pernah berlibur ke Pulau Komodo tentunya Anda sangat mengetahui bahwa pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini terkenal akan adanya habitat hewan komodo. Pulau ini termasuk salah satu pulau yang dilindungi oleh pemerintah dan terletak di pulau Sumbawa.
Burung Maleo
Untuk melihat satwa langka ini Anda bisa mengunjunginya ke Gorontalo. Di sini Anda bisa melihat langsung burung maleo yang memiliki jumlah yang tidak cukup banyak. Satwa langka ini sempat menurun dikarenakan telurnya yang cukup besar yang bisa 5 kali lipat dari ukuran normal telur ayam. Bersyukurlah bahwa hewan langka ini pada akhirnya meningkat populasinya seiring dengan adanya burung maleo yang dilindungi oleh pemerintah.
Merak
Banyak yang mengatakan bahwa yang terdapat di Indonesia memiliki keindahan yang lebih dibandingkan dengan merak merak yang terdapat di negara lain. Hal ini dikarenakan adanya merak yang memiliki warna beragam yang terdapat hanya di Indonesia. Sedangkan merak yang ada di negara lain hanya memiliki satu corak saja. Dengan adanya keindahan yang dimiliki oleh merak yang ada di Indonesia ini membuat pemerintah melindunginya supaya tidak cepat punah.
Penyu
Ikan bukanlah satu-satunya ekosistem laut yang dilindungi serta di manfaatkan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Akan tetapi, masih banyak ekosistem laut lainnya yang terdapat di Indonesia dan memiliki daya tarik tersendiri. Dan salah satu penghuni laut yang menjadi perhatian banyak orang saat ini yaitu penyu. Anda dapat menemukan hewan langka ini di beberapa wilayah di Indonesia yang tentunya bisa menjadi daya tarik dan menarik perhatian Anda.
Harimau Sumatera
Sumatera memiliki sumber daya alam yang cukup menarik serta adanya hewan langka yang ada di Sumatera yang salah satunya yaitu harimau sumatera. Anda bisa menemukan harimau sumatera tersebut di bukit batabuh peserta rimbang baling.
Itulah beberapa hewan langka yang bisa Anda temukan di Indonesia dan tentunya Kita patut berbangga diri karena adanya hewan langka ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Penting untuk kita menjaga kelestarian alam agar tidak cepat punah dan rusak begitu saja yang salah satunya yaitu menjaga serta melindungi hewan dari adanya penggunaan atau pemanfaatan sebagai bahan untuk produksi.

0 komentar:

Posting Komentar