Selasa, 26 Maret 2019

Luka Terkena Minyak Panas? Ini Tips Menanganinya!


Aktivitas di dapur memang mempunyai potensi yang besar untuk mengalami berbagai jenis kecelakaan. Inilah kenapa penting sekali ibu rumah tangga yang hobi memasak harus lebih hati-hati agar tidak terkena masalah atau kecelakaan tersebut. Salah satu yang sering terjadi adalah saat menggoreng dan minyak panas tersebut mengenai kulit. Inilah yang harus diwaspadai, bukan hanya rasa sakit saat mengalami hal tersebut tetapi berimbas pada bekas luka yang bisa membuat kulit Anda tidak menarik lagi. Lalu apakah ada obat luka bakar kena minyak panas yang dapat mengobati sampai dengan menghilangkan bekasnya.

Luka bakar terkena minyak panas yang berukuran kecil ataupun besar tetapi tanpa perawatan yang tepat pasti akan mengalami masalah. Hal ini bukan hanya kemungkinan munculnya iritasi tetapi juga dapat beberapa masalah lainnya. Nah, supaya tidak terjadi masalah ada baiknya setelah mengalami kejadian tersebut Anda harus segera melakukan pertolongan pertama seperti:

1. Aliri dengan air dingin yang mengalir, untuk proses yang satu ini bisa memakan waktu kurang lebih lima menit. Hal ini dilakukan agar berubah suhu panas yang ada pada tangan menjadi lebih netral atau dingin.

2. Lalu langsung gunakan antibiotik untuk mengatasi rasa panas dan nyeri pada bagian yang terkena panas tersebut.

3. Bila memang diperlukan, gunakan perban agar terhindar dari berbagai masalah seperti munculnya bakteri, munculnya virus dan kotoran lainnya.

4. Setelah melakukan beberapa langkah tersebut, Anda bisa konsultasikan dengan dokter jika terlihat berbahaya. Tetapi tanpa perlu konsultasipun Anda bisa mengatasi dengan beberapa cara dan bahan alami.

Untuk orang dewasa mungkin sudah biasa mengalami masalah luka bakar akibat minyak, tetapi untuk anak kecil pasti akan merasakan ketidaknyamanan dan rewel setiap hari. Jangankan buka bakar, terkena luka akibat jatuh saja sudah histeris. Terlebih lagi saat penggunaan obat luka jatuh pada anak yang sudah dipastikan aman saja anak bisa menolak. Nah, disinilah pentingnya peran orang tua bagi anak saat mengalami masalah kesehatan yang kecil ataupun yang besar.

0 komentar:

Posting Komentar