Sabtu, 06 April 2019

Bengkel Online, Solusi Saat Darurat


Kejadian ban bocor, motor mogok, kehabisan bensin dan lain-lain tentunya sudah jadi santapan rutin para pengendara motor. Belum lagi jika kondisi tersebut terjadi di tengah perjalanan yang cukup menguras waktu. 

Masalah ini yang menarik perhatian sejumlah pengembang aplikasi lokal berbasis Android, yang diperuntukan bagi pengendara motor atau mobil yang kesulitan mencari bengkel. Iya, betul! Layanan ini memang serupa bengkel panggilan namun berbasis aplikasi.

Memang sih belum terlalu familiar, karena tidak semua orang memikirkan peluang ini untuk membantu menyelesaikan kondisi darurat pada kendaraan. Untuk itu, kami merangkum sejumlah aplikasi asli Anak Bangsa yang patut dibanggakan karena sangat membantu para pengendara yang kebingungan mencari bantuan.

Obeng (Online Bengkel)
Aplikasi yang dikembangkan oleh PT. Pelangi Cipta Solusitama ini berada di posisi teratas pencarian bengkel online di PlayStore dan sudah diunduh oleh lebih dari 10 ribu pengguna.

Cara kerjanya, aplikasi yang menggunakan Location Based Service ini memantau penggunanya yang memerlukan bantuan pencarian bengkel terdekat yang ada di lokasi mogok atau kerusakan kendaraan. Cukup mendaftar dengan akun media sosial, maka aplikasi sudah dapat digunakan untuk mencari bengkel yang dapat membantu kita di kondisi sulit. 

Tak hanya terbatas di Jakarta saja, aplikasi yang mendapatkan rating 4.3 dari penggunanya ini juga melebarkan sayapnya ke seluruh Indonesia. Para pemilik bengkel diberi kesempatan untuk mendaftarkan bengkelnya dalam aplikasi yang akan muncul dalam pencarian oleh pengguna yang berada dekat dengan lokasinya. Konsep simbiosis mutualisme ini diharapkan dapat mempertemukan pengguna dan pemilik bengkel yang biasanya hanya dilakukan secara konvensional. 

Saat ini aplikasi tersebut juga memberikan informasi yang tergolong lengkap, seperti rute menuju bengkel terdekat, informasi lalu lintas secara real-time menggunakan Google Maps dan tentunya daftar bengkel yang berada di area yang sama dalam bentuk list.

Pitstop
Dengan total unduhan lebih dari seribu kali, aplikasi milik Otogoods Inc ini berada di posisi kedua teratas di PlayStore. Berbekal rating 4.1, aplikasi ini sekilas mirip dengan Obeng namun dengan penyempurnaan dan lebih lengkap.

Pengguna tak hanya dapat mencari bengkel terdekat dengan GPS yang terhubung dengan aplikasi, namun juga dapat mencari informasi SPBU mana saja yang paling dekat, tambal ban, tukang kunci hingga jasa derek. Informasi ini terbilang penting, mengingat kondisi darurat tidak hanya sebatas busi mati atau karburator saja, namun juga kehabisan bahan bakar dan kunci yang hilang juga bisa jadi masalah besar.

getMontir
Aplikasi yang berada di posisi ketiga ini dikembangkan oleh PT. Getmontir Indonesia dan sudah diunduh oleh seribu lebih pengguna ponsel pintar berbasis Android di PlayStore.

Menitikberatkan pada layanan darurat bagi pengguna sepeda motor, pengembang bekerjasama dengan bengkel-bengkel di seluruh Indonesia. Konsep online benar-benar diusung oleh aplikasi ini, di mana pemilik kendaraan tidak perlu susah payah ke bengkel dan menggeret motornya. Cukup laporkan di aplikasi maka montir dari bengkel tersebut akan mendatangi lokasi anda.

Aplikasi yang sangat membantu, bukan? Jadi sebagai pengguna sepeda motor, tak perlu khawatir kondisi darurat ya, tinggal install aplikasi dan perbaikan pun dapat dilakukan tanpa perlu kelelahan mencari-cari bengkel.

0 komentar:

Posting Komentar