Rabu, 24 April 2019

Pentingnya Memperhatikan Risiko Bagi Seorang Investor


Keuntungan menjadi hal yang diinginkan oleh setiap investor. Sebab, investor yang menjalani investasi menjadikan keuntungan atau return sebagai motif utamanya. Namun, selain return, seorang investor juga perlu memperhatikan hal lainnya yakni risiko. Karena, risiko selalu hadir di setiap investasi dan beriringan dengan return yang Anda dapatkan saat berinvestasi. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda perlu memperhatikan risiko saat akan menjalani investasi.

Mencegah kerugian investasi
Jika Anda mengincar keuntungan saat berinvetasi, maka Anda tentu akan berusaha sekuat mungkin untuk menghindari kerugian. Saat berinvestasi, Anda tidak hanya bisa menghasilkan keuntungan namun juga dapat menderita kerugian. Kerugian yang Anda dapatkan saat berinvestasi disebabkan karena risiko yang hadir dan menimpa Anda. Hal inilah yang membuat Anda perlu memperhatikan risiko sebelum berinvestasi agar tidak merugi.

Menghindari penipuan berkedok investasi
Banyaknya skema investasi yang ditawarkan saat ini membuat para investor jadi semakin mudah dalam mendulang keuntungan. Namun, dibalik keuntungan yang ditawarkan, Anda juga perlu berhati-hati karena banyak oknum yang berusaha untuk menipu para investor pemula untuk menawarkan skema investasi baru. Hal ini perlu diwaspadai secara serius karena risiko penipuan merupakan risiko terbesar yang perlu Anda hindari. Perhatikan tawaran potensi imbal hasil yang ditawarkan dan bandingkan dengan investasi lain. Jika nilainya terlalu besar, maka bisa jadi tawaran tersebut merupakan penipuan karena semakin tinggi return semakin tinggi pula risiko yang akan Anda hadapi.

Mengoptimalkan portofolio investasi
Saat Anda memperhatikan risiko, maka Anda bisa mendapatan portofolio investasi terbaik. Setiap investor tentu ingin mendapatkan portofolio terbaik yang memberikan keuntungan secara konsisten. Dengan memperhatikan risiko, Anda akan mendapatkan portofolio investasi terbaik karena menyisihkan investasi yang memiliki risiko tinggi dan kurang menghasilkan keuntungan. Sehingga, portofolio Anda akan lebih optimal dan bisa menghasilkan imbal hasil secara lebih optimal.

Itulah beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan saat memperhatikan risiko ketika berinvestasi. Dengan memperhatikan risiko ketika berinvestasi, Anda akan menjadi investor yang bijak dalam mendulang keuntungan. Jadi, sudahkah Anda mulai melihat risiko apa saja yang ada dalam portofolio investasi Anda?

0 komentar:

Posting Komentar