Senin, 24 Juni 2019

Selain Mual saat Hamil, Kenali Tanda-Tanda Kehamilan yang Jarang Anda Ketahui Ini


Mual saat hamil merupakan suatu anugerah yang Anda tunggu-tunggu pasca menikah. Keluarga kecil Anda akan terasa lebih lengkap jika adanya kehadiran si buah hati. Suasana rumah tentu akan menjadi lebih ramai dengan tangisan si buah hati dan lebih berantakan akibat ulahnya. Dengan begitu, Anda pun akan rela untuk mengeluarkan budget lebih untuk membeli satu set test pack atau alat pendeteksi kehamilan lainnya untuk mengecek adanya tanda-tanda kehadiran janin. 

Namun, test-pack biasanya akan menjadi tidak berguna karena hasilnya selalu menunjukan tanda negatif yang berarti tidak adanya kehamilan. Hal ini biasanya akan membuat Anda sedikit kecewa karena buah hati yang sudah lama Anda idam-idamkan belum juga datang. Dengan begitu, Anda pun tentu saja akan terus berusaha dan berdoa untuk memiliki buah hati pada Yang Maha Kuasa.

Untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak, tentu saja Anda harus mengetahui beberapa tanda kehamilan. Biasanya Anda seringkali menduga-duga tanda-tanda kehamilan yang sebenarnya hanyalah gejala lain yang tidak menandakan adanya janin di perut Anda, seperti muntah-muntah yang sebenarnya diakibatkan oleh gangguan asam lambung. Atau sebaliknya, Anda tidak menyadari sama sekali tanda-tanda tersebut sehingga ketika melakukan USG, janin Anda sudah berumur beberapa minggu.

Oleh karena itu, agar Anda bisa memastikan apakah Anda hamil atau tidak, sebaiknya kenali beberapa tanda kehamilan berikut ini, diantaranya:

1. Mual dan muntah
Jika Anda seringkali mual dan muntah dalam intensitas waktu yang cukup sering, hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda-tanda awal kehamilan. Mual dan muntah atau morning sickness ini diakibatkan karena adanya peningkatan hormone pada aliran darah secara tiba-tiba yang mengakibatkan efek perih pada lapisan perut, sehingga menimbulkan mual dan muntah. Mual saat hamil biasanya akan hilang ketika usia kehamilan menginjak trimester kedua.

2. Adanya flek dan kram perut
Flek dan kram perut bisa mengindikasikan adanya tanda-tanda kehamilan. Flek ini biasanya selalu dianggap sebagai menstruasi. Padahal flek itu sendiri disebabkan oleh embrio yang menempel pada dinding rahim sehingga muncul bercak-bercak darah. Flek ini biasanya timbul disertai dengan kram perut dan terjadi pada saat sebelum menstruasi. Jika Anda mengalami hal ini, maka segera gunakan test pack atau pergi ke dokter untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak.

3. Payudara membesar
Salah satu tanda-tanda kehamilan selanjutnya yaitu terjadi perubahan bentuk pada payudara Anda. Ukuran payudara Anda akan lebih besar dari sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan produksi hormone progesterone dan estrogen. Selain bentuknya yang membesar, puting pun akan membesar pula dan warnanya akan lebih gelap dari biasanya. Pembuluh darah vena pun akan terlihat lebih jelas karena payudara menjadi lebih tegang dan sensitif.

4. Sering buang air kecil
Ketika Anda merasa lebih sering buang air kecil dari biasanya, maka bisa jadi itulah tanda-tanda awal kehamilan. Hal ini tentu saja diakibatkan oleh janin yang menekan kandung kemih Anda sehingga frekuensi Anda untuk buang air kecil menjadi lebih sering. Meskipun Anda menjadi lebih sering buang air kcil, Anda harus tetap mengkonsumsi air putih secara rutin agar tetap terhidrasi. Hindari menahan buang air kecil karena hal tersebut bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Itulah beberapa tanda awal kehamilan yang jarang Anda sadari. Selalu periksakan diri Anda setelah mengalami beberapa tanda kehamilan di atas. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi mental dan fisik agar Anda bisa cepat mendapatkan buah hati. Semoga bermanfaat.  

0 komentar:

Posting Komentar