Rabu, 03 Juli 2019

Bagaimana Cara Mendidik Balita Yang Tepat?


Kalau Mam adalah orangtua baru, mendidik balita tentu bukanlah hal yang mudah. Saat usia ini, si kecil sudah bisa bergerak dan aktifitas dengan cepat dan ia mulai mampu mengungkapkan keinginannya. Meski demikian, sering kali si kecil punya batasan terhadap sesuatu, mengalami perasaan kecewa dsb. Sehingga, ini mengakibatkannya tantrum. Nah, mendidik anak hebat juga butuh strategi yang hebat. Kenali caranya berikut ini:

Tunjukan rasa cinta Anda

Mam, usahakan untuk tetap sabar saat mendidik si kecil. Meskipun terkadang Mam capek dan melihat ulah si kecil menyebalkan, bukan berarti Mam harus meluapkan emosi. Tunjukan rasa cinta dan ciptakan lingkungan yang kondusif. Si kecil juga akan cepat belajar bila Mam menghargai usahanya ketimbang memarahinya. 

Prioritaskan Aturan

Si kecil belum terbiasa menerima begitu banyak informasi. Jadi Mam jangan memberikan aturan yang terlalu banyak, cukup kasih prioritas saja seperti yang baik untuk keselamatannya. Nah, latih si kecil dengan hal paling sederhana sampai ia terbiasa dan kemudian lanjutkan ke peraturan berikutnya. 

Bagaiamana Cara Mengatasi Tantrum?

Mengatasi tantrum bukanlah hal mudah. Bila kami rangkum hal-hal yang perlu Mam garisbawahi adalah:

  • Ketahui keterbatasan si kecil
  • Jelaskan bagaimana cara patuh dengan aturan
  • Jangan "lebay" saat si kecil berkata "tidak". 
  • Perhatikan saat-saat Mam harus melonggarkan aturan.
  • Beri pilihan kalau mungkin dan biarkan ia memilih.
  • Hindari situasi yang memancing tantrum.
  • Patuhi jadwal
  • Perbaiki gaya komunikasi
  • Tekankan Pada Konsekuensi 
Yang pasti, Mam mendidik si kecil demi kebaikannya. Nah, ini saatnya Mam jelaskan konsekuensi bila si kecil tidak melakukannya. Kalau suatu ketika ia tidak patuh aturan dan ia mengalami masalah, biarkan ia merasakan konsekuensinya dan paham kenapa Mam melarangnya. Dengan catatan hal ini tidak berbahaya. 

Gunakan Timeout 

Bawa si kecil ke tempat tenang saat ia marah dan biarkan ia menyelesaikan kemarahannya dan katakan Mam bisa membawanya ke tempat semula kalau ia selesai marah.
Pastinya mendidik si kecil butuh jam terbang. Seiring dengan berjalannya waktu, Mam akan paham bagaimana cara mengatasinya. 

Meta Deskripsi:
Mendidik anak hebat membutuhkan strategi yang hebat juga! Lakukan beberapa hal ini agar si kecil mulai terbiasa dengan kedisiplinan dan peduli keselamatannya.

0 komentar:

Posting Komentar