Sabtu, 11 April 2020

5 Ide Usaha Sampingan Kecil dengan Pinjaman Modal Usaha


Dewasa ini, kebutuhan hidup semakin mahal yang tidak sebanding dengan gaji bulanan. Jangan heran kalau banyak orang yang mencari ide usaha sampingan agar bisa bertahan hidup di era modern. Anda hanya perlu pinjaman modal usaha untuk mewujudkan impian memiliki usaha mandiri. Karyawan, ibu rumah tangga, pelajar, PNS, dan mahasiswa bisa menjalankan usaha sampingan tanpa modal yang besar. 

Penasaran? Yuk, simak ide usaha sampingan dengan modal terbatas yang cocok untuk Anda berikut!

1. Cuci motor atau mobil 

Kalau Anda mencari usaha sampingan yang cocok dijalankan tanpa modal yang besar adalah cucian motor atau mobil. Anda bisa menggunakan peralatan sederhana lebih dulu seperti kompresor, pompa air, kain lap, peralatan semir, dan sabun cuci motor. Pada musim penghujan, ide usaha sampingan cuci motor atau mobil bisa menghasilkan pendapatan fantastis. 

2. Memberikan les atau bimbingan belajar

Ingin membuka usaha sampingan dengan modal keahlian, maka membuka les atau bimbingan belajar sangat tepat. Anda bisa memanfaatkan waktu luang di sela jam kosong setelah kuliah atau usai bekerja. Modal yang dibutuhkan bukan sekadar kepandaian akademik, mungkin Anda butuh papan tulis, alat tulis, meja belajar, dan sebagainya. 

3. Desain grafis 

Pinjaman modal usaha sangat cocok untuk Anda yang ingin membuka bisnis baru berdasarkan latar belakang pendidikan. Kalau Anda masuk ke jurusan desain grafis dan memiliki kemampuan tersebut, kenapa tidak mencoba peluang bisnis digital ini? Anda bisa menawarkan layanan jasa produktif pada orang atau klien lewat media sosial atau situs lain. Tentu Anda butuh dana untuk membeli perangkat yang memadai seperti laptop premium, kuota internet dan perlengkapan pendukung lain. 

4. Bisnis camilan ringan 

Punya hobi memasak? Mungkin para ibu rumah tangga tertarik untuk membuka usaha sampingan di bidang kuliner. Ya, Anda bisa mencoba bisnis camilan ringan secara sederhana lebih dahulu. Anda bisa menjual aneka makanan ringan yang disukai banyak kalangan, misalnya keripik singkong balado, keripik pisang, mie lidi, dan lain-lain. 

Inovasi menjadi salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan agar usaha camilan ringan bisa menjadi peluang usaha sampingan yang menguntungkan. 

5. Pulsa elektrik, data dan PPOB 

Peluang usaha yang bisa dijalankan siapa saja adalah pulsa elektrik dan kuota data. Di era digital, kebutuhan ponsel pintar dan gawai lain bukan hal yang asing. Jangan heran kalau banyak orang rela mengeluarkan banyak uang demi kebutuhan primer ini. Anda bisa melengkapi usaha pulsa elektrik dan kuota data dengan layanan PPOB. 

Loket pembayaran tagihan yang bisa dijalankan di daerah pedesaan atau perkotaan. Dengan menawarkan pelayanan prima, usaha PPOB bisa memberikan keuntungan yang cukup menarik. Kalau Anda butuh suntikan dana untuk memulai usaha, kenapa tidak? 

Tentu masih ada banyak ide usaha sampingan yang bisa Anda jalankan dengan modal yang terbatas. Kalau Anda mengalami kekurangan modal bisnis, pilih pinjaman modal usaha yang mudah dan terpercaya. Yuk, mulai usaha sampingan Anda sekarang juga!

0 komentar:

Posting Komentar