Senin, 04 Mei 2020

Persyaratan untuk mengajukan Kredit Modal Kerja


Ketika Anda memiliki suatu bisnis atau usaha, Anda mungkin akan memerlukan tambahan modal untuk semakin mengembangkan bisnis tersebut. Salah satu fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk mendapat tambahan modal bisnis adalah dengan mengajukan kredit modal kerja. Dengan mengajukan kredit ini, Anda bisa memiliki bantuan dana secara cepat yang bisa Anda gunakan untuk keperluan bisnis. 

Kredit jenis ini juga banyak dipilih oleh para pemilik usaha karena membuat mereka bisa mendapat tambahan modal namun juga tetap memiliki kontrol penuh terhadap perusahaan yang mereka jalankan. Saat mengajukan kredit ini ke bank, Anda harus mempersiapkan beberapa persyaratan dan dokumen pendukung seperti berikut. 

1. Dokumen-dokumen identitas diri

Identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk atau KTP merupakan salah satu persyaratan yang sering dibutuhkan dalam berbagai keperluan, tidak terkecuali untuk mengajukan kredit ke bank untuk usaha Anda. Untuk pengajuan kredit, identitas diri yang tertera pada KTP tersebut terutama tempat tinggal juga harus sama dan sesuai dengan domisili tempat tinggal Anda saat ini. 

Jika domisili Anda berbeda dengan yang tercantum di KTP, maka Anda harus melampirkan surat keterangan dari pihak kelurahan setempat. Bagi Anda yang sudah menikah, Anda juga perlu melampirkan KTP suami atau istri Anda sebagai bukti bahwa pengajuan kredit tersebut diketahui oleh istri atau suami. 

2. Akta nikah

Persyaratan ini khusus ditujukan untuk Anda yang sudah menikah. Lampiran persyaratan fotokopi akta nikah ini merupakan sebuah bukti bahwa harta yang Anda miliki merupakan harta bersama dan pengajuan kredit beserta persyaratannya tersebut telah diketahui dan disetujui kedua belah pihak. 

3. Kartu keluarga

Persyaratan selanjutnya untuk mengajukan kredit modal kerja yang perlu Anda lampirkan adalah fotokopi kartu keluarga. Pihak bank membutuhkan persyaratan ini untuk mengetahui jumlah anggota keluarga Anda dan melihat berapa banyak tanggungan anggota keluarga yang Anda miliki. 

Jumlah anggota keluarga yang menjadi tanggungan Anda bisa menjadi perkiraan pihak bank mengenai kesanggupan Anda membayar tagihan bulanan dari kredit yang Anda ajukan.  Semakin banyaknya tanggungan keluarga yang Anda miliki bisa jadi membuat pihak bank perlu menganalisa lebih lanjut kesanggupan Anda membayar kredit. 

4. Fotokopi buku tabungan

Fotokopi buku tabungan yang Anda lampirkan membuat pihak bank bisa melihat bagaimana kondisi finansial Anda. Biasanya pihak bank akan meminta fotokopi buku tabungan Anda dengan riwayat mutasi selama tiga bulan terakhir. 

Besaran saldo yang Anda miliki dalam rekening akan menjadi pertimbangan bank dan melihat kesanggupan finansial Anda untuk melunasi kredit. Maka, pastikan saldo rekening Anda mencukupi sehingga bank bisa yakin untuk mengabulkan pengajuan kredit Anda. 

5. Slip gaji

Selain buku tabungan, bank juga akan menganalisa kemampuan finansial Anda dalam melunasi kredit melalui slip gaji yang Anda lampirkan. Bank akan mengabulkan permohonan kredit Anda dengan mempertimbangkan penghasilan yang akan Anda dapatkan. Jika Anda mengajukan kredit dengan jumlah besar namun slip gaji Anda menunjukan penghasilan minim, bisa jadi bank tidak akan mengabulkan permohonan kredit Anda. 

6. Bukti tanggungan dan cicilan

Jika Anda masih memiliki cicilan lain, tagihan, ataupun utang kartu kredit yang belum Anda lunasi, maka pihak bank bisa jadi tidak akan mengabulkan permohonan kredit Anda. Lain halnya dengan orang yang mengajukan kredit dan tidak memiliki cicilan atau tanggungan apapun. Maka, pastikan Anda sudah melunasi segala macam cicilan Anda ketika ingin mengajukan kredit untuk modal usaha Anda. 

Itulah beberapa persyaratan yang harus Anda siapkan ketika akan mengajukan kredit modal kerja. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

0 komentar:

Posting Komentar